Sukses

Bang Yos Temui Sidarto Danusubroto, Bahas Koalisi PDIP-PKPI?

Sutiyoso melakukan pertemuan tertutup selama 1 jam dengan Ketua Dewan Kehormatan PDIP Sidarto Danusubroto dan Wasekjen PDIP Achmad Basarah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PKPI Sutiyoso melakukan pertemuan tertutup selama 1 jam dengan Ketua Dewan Kehormatan PDIP Sidarto Danusubroto dan Wasekjen PDIP Achmad Basarah. Apakah pertemuan ini membahas rencana koalisi PDIP-PKPI?

Sutiyoso membantah jika pertemuan dengan Sidarto yang juga Ketua MPR dan Basarah yang juga anggota Komisi III DPR itu bersifat politis. Pria yang karib disapa Bang Yos itu malah memuji keberhasilan PDIP yang mampu mendulang suara tertinggi dalam pileg kemarin.

"Saya sowan beliau karena senior saya, pernah di Jabar, selama dipercaya memimpin saya belum pernah sowan. PDIP juga mendapat suara terbanyak. Semoga menjadi pemenang," ujar Sutiyoso di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Dalam kesempatan itu, Bang Yos menampik pembicaraan terkait koalisi. Ia mengaku hanya sowan, memberikan buku Biografi Militer Sutiyoso The Field General, dan membicarakan tentang soal kebangsaan.

"Kita ini seperti liberal tanpa arah, padahal kita hanya takut orde baru, jangan lupakan Pancasila. Orientasi hidup bangsa ini kan Pancasila, reformasi sudah belasan tahun, saya yakin PDIP sebagai pemenang Pemilu bisa anggap ini hal penting," ujar Sutiyoso.

Sidarto sendiri mengamini apa yang dikatakan Bang Yos. Mantan Ajudan Presiden Soekarno itu menerangkan tak ada lobi-lobi politik, hanya cerita kebangsaan.

"Ada cerita kebangsaan, bukan politik. Saya apresiasi kedatangan beliau bahwa saya tidak melihat soal perolehan suara tapi niat baik beliau untuk bersama soal kebangsaan, menjadikan Indonesia lebih baik ke depan," tutur Sidarto.

Achmad Basarah juga menerangkan, bila lobi politik dan penentuan koalisi akan dilakukan di lain waktu dan lain tempat. Tidak saat ini dan bukan di Gedung MPR.

Mendengar itu, Bang Yos pun menimpali. "Nanti, seperti air mengalir saja," pungkas Bang Yos. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944
    Letnan Jenderal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) H. Sutiyoso yang lebih dikenal dengan Bang Yos lahir di Semarang pada 6 Desember 1944

    Sutiyoso

  • PKPI

  • PDIP

Video Terkini