Sukses

Muhaimin Ngakunya Tak Minat Jadi Cawapres Jokowi

Muhaimin memilih untuk lebih berkonsentrasi membesarkan PKB daripada mengincar posisi RI 2.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) dari PDIP Jokowi telah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar membicarakan soal koalisi. Namun, Muhaimin dinyatakan tidak berminat menjadi calon wakil presiden (cawapres).

"Setelah saya konfirmasi langsung dengan beliau (Muhaimin), saya tegaskan bahwa beliau untuk saat ini tidak dan tidak akan mau mencalonkan diri sebagai wapres," kata Ketua DPP PKB Abdul Wahid Maktub di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Ia mengakui memang ada dorongan, dukungan, bahkan tekanan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk internal PKB, agar Muhaimin menjadi cawapres. Namun, lanjut mantan Duta Besar RI untuk Qatar itu, Muhaimin memilih untuk lebih berkonsentrasi membesarkan PKB daripada mengincar posisi RI 2.

"Saat ini beliau (Muhaimin) fokus untuk terus membesarkan PKB menjadi partai terbesar di masa datang," kata caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II itu.

Menurut Wahid, PKB akan mengajukan 2 kandidat calon presidennya, Rhoma Irama dan Mahfud MD, sebagai calon wakil presiden kepada pasangan koalisinya.

Secara terpisah Wakil Sekjen PKB Lukmanul Khakim menilai Muhaimin Iskandar cocok menjadi calon wakil presiden pendamping Jokowi. "Saya kira Cak Imin (panggilan akrab Muhaimin) cocok menjadi cawapres Pak Jokowi. Nasionalis merah-nasionalis hijau cocok memimpin Indonesia," ungkap Lukmanul.

Jokowi, Sabtu 12 April petang, bertandang ke Kantor DPP PKB. Kedatangannya diterima Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPP Helmy Faishal Zaini, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu Saifullah Maksum, dan sejumlah petinggi partai berlambang bola dunia dengan sembilan bintang itu.

Muhaimin menyatakan kedatangan Jokowi itu untuk bersilaturahim sekaligus membicarakan langkah yang lebih konkret dari kedua parpol. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini