Sukses

SMRC Ramalkan Koalisi Terpusat pada 3 Partai

3 Partai teratas yang dipercayai akan pimpinan poros koalisi tersebut yakni PDIP, Golkar dan Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Saiful Mujani Research and Consultan (SRMC) memprediksi koalisi akan mengerucut kepada 3 poros koalisi. 3 Partai teratas dipercayai akan pimpinan poros koalisi tersebut.

Direktur Riset RMSC Djayadi Hanan mengatakan, koalisi pertama dipegang PDIP. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu diperkirakan akan bergabung dengan Nasdem dan Paratai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Secara ideologi dan platform, PDIP dinilai sudah cocok dengan Nasdem. Apalagi, melihat pergerakan capresnya, Jokowi belakangan ini sudah jelas. Dari sisi suara pun sudah cukup untuk mengusung Jokowi," kata Djayadi di Warung Daun, Jakarta, Minggu (13/4/2014).

Poros kedua diyakini akan dipimpin Partai Gerindra. Partai yang sudah mengusung Prabowo Subianto sebagai capres ini paling mungkin menggaet PAN untuk rekan koalisinya. "PAN mungkin berharap dilamar PDIP, tapi melihat sekarang sudah tidak mungkin. Saya rasa, PAN akan memilih bergabung dengan Partai Gerindra," kata Djayadi.

Poros ketiga yang mungkin terjadi, lanjut Djayadi, Partai Golkar. Partai pimpinan Aburizal Bakrie alias Ical itu diperkirakan akan merangkul kembali Partai Demokrat sebagai rekan pada pertarungan Pilpres 2014 mendatang.

"Kalau kita lihat, secara sejarah dan kedekatan, Golkar dan Demokrat sudah sangat dekat. Karena itu, ada kemungkinan keduanya membangun koalisi bersama," tandas Djayadi. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.