Sukses

LSI: 3 Capres 3 Skenario Koalisi, 4 Capres Hanya 2 Poros

Menurut peneliti LSI Adjie Alfaraby, setidaknya capres yang akan maju pada Pilpres 2014 antara 3 atau 4 calon saja.

Liputan6.com, Jakarta - Peta koalisi Pemilu 2014 tampaknya akan lebih berwarna dibanding Pemilu 2009. Banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi dengan pertimbangan perolehan kursi di DPR pastinya.

Menurut peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adjie Alfaraby, lembaganya melihat setidaknya calon presiden atau capres yang akan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 antara 3 atau 4 calon saja. Beda jumlah calon, imbuh dia, tentu beda pula skenario koalisi yang akan terbangun.

Untuk 3 capres, Adjie memaparkan, sedikitnya ada 3 skenario poros koalisi yang bisa dipertimbangkan partai saat ini. Skenario pertama, poros koalisi akan terpusat pada PDIP, Partai Golkar dan Partai Gerindra.

"Untuk skenario kedua, bisa terjadi Poros Koalisi PDIP, Poros Koalisi Partai Golkar, dan Poros Koalisi Partai Islam. Kemungkinan terakhir, poros koalisi tertumpu pada PDIP, Partai Golkar dan Partai Demokrat," kata Adjie di kantornya, Jumat (11/4/2014).

Sedangkan untuk 4 capres, hanya 2 skenario koalisi yang kemungkinan akan terbangun pada Pilpres 2014 mendatang. Skenario pertama poros koalisi akan terpusat pada PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

"Skenario kedua, ada Poros Koalisi PDIP, Poros Golkar, Poros Gerindra, dan Poros Partai Islam," tandas Adjie.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini