Sukses

Pengamat: Usung Jokowi, PDIP Cukup Gaet Nasdem atau PKB

PDIP memimpin perolehan suara di berbagai lembaga survei dalam hitung cepat (quick count) Pemilihan Legislatif 2014.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP memimpin perolehan suara di berbagai lembaga survei dalam hitung cepat (quick count) Pemilihan Legislatif 2014. Namun perolehan suara yang didapat masih belum cukup untuk bisa membawa bakal capres PDIP Jokowi menuju kursi Pilpres 2014 lantaran tak sampai 20%.

Untuk melicinkan jalannya, PDIP tinggal mengumpulkan 6 kursi dari partai manapun.

"Menurut hasil riset yang dilakukan berdasarkan hasil quick count, PDIP mendapat kursi 106-116 atau 18-20% kursi di DPR," kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adji Alfaraby di Jakarta, Jumat (11/4/2014).

"Untuk memantapkan posisi dan mengusung Jokowi, PDIP hanya butuh 6 kursi lagi."

Menemukan partai dengan angka minimal 6 kursi di DPR, lanjut dia, tentu tidak sulit. PDIP cukup berkoalisi dengan Nasdem dan atau PKB untuk dapat mengusung capres.

"Kita lihat kursi Nasdem antara 34-44 kursi, sedangkan PKB meraih 46-56 kursi di DPR. Ini saja sudah cukup bagi PDIP untuk mengusung Jokowi sebagai capres," pungkas Adji.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.