Sukses

20 TPS di Bogor Pemilu Ulang Sabtu

Sebanyak 20 TPS di 4 kabupaten/kota di Bogor akan melakukan pemilu ulang pada sabtu 12 April 2014.

Liputan6.com, Bogor- Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu (GSRPP) menemukan kecurangan di sejumlah TPS di Jawa Barat. Oleh karena itu, sebanyak 20 TPS di 4 kabupaten/kota di Bogor akan melakukan pemilu ulang pada sabtu 12 April 2014.

"Di Jabar (kecurangan) cukup masif, hampir di 22 kabupaten/kota, ini sedang dipertimbangkan di rapat pleno untuk pemungutan ulang, tapi yang sudah dipastikan di 4 kabupaten/kota yakni di Bogor 20 TPS, jadi kemungkinan pemilu ulang hari Sabtu besok," kata Koordinator Pokjanas GRSPP Yusfitriadi, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Dia menjelaskan, selain di Bogor, pemilu di beberapa Kabupaten di Kalimantan Barat juga akan diulang. "Tapi secara keseluruhan rekomendasi dari Bawaslu yang kami dapatkan itu analisisnya di tiap provinsi, ada pemilu yang diulang," ujar Yus panggilan akbar Yusfitriadi.

Pokjanas GRSPP memaparkan terkait bayaknya masalah itu antara lain yang utama terkait distribusi logistik. "Sehingga banyak TPS yang tidak mengumpulkan suara, dan waktunya mundur bukan jam 07.00. Itu bisa mempengaruhi banyak hal," paparnya.

Selain itu, terdapat penggelembungan suara TPS-TPS di Kabupaten Bogor. Diduga hal ini ada kaitannya dengan ketua KPPS. Sebab setelah pemilu di Bogor selesai, KPPS menghilang dan tidak bisa dihubungi.

"Sekarang informasinya caleg dan partai mencari KPPS nya karena merasa dirugikan, dan sudah ditangani polisi Kabupaten Bogor," pungkas Yus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini