Sukses

Demokrat Anjlok, Syarief Hasan: Kita Realistis Tidak Capres

Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan partainya tidak bisa mencalonkan presiden dalam Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Dari hasil hitung cepat perolehan suara dalam Pemilu Legislatif 2014 hanya menempatkan Partai Demokrat di urutan ke-4 dengan kisaran suara 9,6%. Partai Demokrat kalah dari PDIP, Golkar, dan Gerindra.

Dengan perolehan suara tersebut, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan partainya tidak bisa mencalonkan presiden dalam Pilpres 2014.

"Kalau suara segitu, kita akan realistislah, kita tidak akan capres, kita akan cawapres. Tapi itu kita akan bahas lagi nanti," ujarnya saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (10/4/2014).

Padahal di sisi lain, partai yang berlambang mercy itu sedang melaksanakan konvensi memilih calon presiden yang nantinya akan diangkat. Syarif menegaskan, prosesi konvensi hingga saat ini masih terus berjalan. Partai Demokrat sendiri awalnya merencanakan pengumuman hasil konvensi pada akhir Mei namun dengan syarat perolehan suara 15%.

"Konvensi itu untuk capres, bukan untuk cawapres, tapi kita realistis, rencananya kita umumkan hasilnya akhir mei, tapi berhubung suara kita 10%, ini sedang kita bahas secara internal," kata Syarif yang juga menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.