Sukses

Hasil Quick Count Gerindra Urutan 3, Ahok: Itu Luar Biasa

Ahok bersyukur dan berterimakasih kepada rakyat karena sudah mempercayakan Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat sementara Pileg 2014, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat dari 51,50 % suara yang masuk, Partai Gerindra menduduki posisi 3 besar setelah PDIP dan Partai Golkar.

Sesuai harapan sebelumnya, Politisi Gerindra Basuki Tjahaja Purnama pun berterima kasih. Sebab partainya yang baru berusia 6 tahum sejak berdiri pada 2008, dipercaya masyarakat Indonesia. Juga dapat disandingkan dengan PDIP dan Golkar yang notabene parpol besar.

"Kita berterimakasih pada rakyat Indonesia sudah percaya pada Gerindra untuk mendampingi 2 partai yang udah tua. Udah lama," ujarnya di DPP Gerindra, Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Dalam penghitungan sementara LSI, Gerindra memperoleh jumlah suara 11,70%. Sementara, PDIP menduduki puncak teratas dengan mengantongi suara 19,33% dan di urutan kedua diraih Partai Golkar dengan suara 15,29%.

Gerindra yang mampu mengungguli parpol lain dan menempati posisi kedua, menurut Basuki (Ahok) akan berdampak besar terhadap kursi parlemen. "Harapannya bisa nomor 2 minimal. Akan ada efeknya luar biasa karena bisa menempatkan kader Gerindra di tiap komisi 5-6 orang."

"Itu kan luar biasa. Dan kita bisa melakukan pengawasan dengan baik. DPRD juga sama, harus menguntungkan semua," ujar Ahok.

LSI juga merilis, Partai Demokrat yang memperoleh suara 10,09 %, diikuti PKB yang mengantongi suara 9,48%. Kemudian PAN 7,62% dan PPP 6,79%. Sementara partai baru, Partai Nasdem mengantongi suara 6,25%, yang disusul PKS 6,03%. Partai pimpinan Wiranto, Hanura, mendapat suara 5,20% yang disusul PBB dan PKPI dengan masing-masing suara 1,32% dan 1,00%.

Perolehan suara ini masih berubah-ubah karena baru 51,50 % suara yang masuk dari total sample yang diambil. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini