Sukses

Suara PDIP Jeblok di TPS Iwan Fals

Silaturahmi Jokowi kepada Iwan Fals tak berpengaruh pada perolehan suara di TPS yang berlokasi dekat dengan rumah Iwan.

Liputan6.com, Jakarta Silaturahmi yang dilakukan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Joko Widodo kepada musisi Iwan Fals tak berpengaruh pada perolehan suara moncong putih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kediaman musisi legendaris itu.

Hasil penghitungan sementara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Suara (PPS) di TPS 04 Leuwinanggung, Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/4/2014) memperlihatkan hasil yang tidak menguntungkan untuk PDI-P.

Di TPS tersebut, suara PDI-P berada di posisi ketiga dengan perolehan suara sebesar 38 pemilih. Diatas PDI-P, bercokol Partai Gerindra dengan perolehan total suara sebesar 40 pemilih.

"Sedangkan urutan pertama di TPS 04 ditempati oleh Partai Amanat Nasional dengan 107 suara, itu gabungan pemilih partai dan caleg," ucap Susanti, perwakilan anggota PPS usai merampungkan proses penghitungan suara untuk DPR RI.

Dikatakan dia, dari 448 orang yang masuk sebagai daftar pemilih tetap (DPT), 43 diantaranya memilih untuk tak menggunakan hak pilih (golput) dalam pemilu legislatif.

Saat melakukan pencoblosan, Iwan Fals sempat menyampaikan dukungannya terhadap proses pelaksanaan pemilu. Ia pun tak menyarankan golput bagi para generasi muda.

"(Mencoblos) itu caranya kita bisa bersuara. Kalau ada apa-apa, (pemimpin) nggak benar, kita nggak bisa ngapa-ngapain. Kalau milih dan pengurus (pemerintahan) brengsek kan kita bisa protes," ungkap Iwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.