Sukses

Cegah Golput, TPS di Bekasi Tampil Bergaya Betawi

Berbagai macam cara dilakukan untuk menarik minat warga datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilu legislatif 2014.

Liputan6.com, Bekasi - Berbagai macam cara dilakukan untuk menarik minat warga datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilu legislatif 2014. Seperti di TPS 122 di perumahan Vila Pelangi, Rawalumbu, Bekasi, yang tampil bernuansa Betawi.

Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan pernak-pernik ala Betawi seperti Jali-jali, ondel-ondel, dan baju adat Betawi.

"Kita sengaja membuat model yang berbeda dibandingkan TPS lainnya untuk meminimalisir tingkat golput di wilayah tersebut," kata Ketua KPPS 122 Muhammad Reza di Bekasi, Rabu (9/4/2014).

Selain TPS, warga atau pemilih yang berjumlah 172 yang hendak menggunakan hak suaranya pun diimbau untuk mengenakan pakaian khas Betawi.

"Tema adat betawi ini identik dengan warga bekasi di mana mayoritas warganya adalah orang Betawi asli, maka dari itu warga yang datang ke TPS ini sudah kita imbau sebelumnya untuk menggunakan kostum khas betawi," jelasnya.

Selain atribut, sesudah mencoblos masyarakat disuguhkan aneka ragam penganan khas Betawi seperti Gandasturi, Gemplong, Kue Cucur, Bandrek, dan lainnya.

"Dana yang dihabiskan untuk membuat TPS ini tidak begitu besar, karena banyak warga perumahan yang turut menyumbang," tukas Muhammad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.