Sukses

Kertas Suara Berlubang, Pemilu di Aceh Diulang

Di Papua, khususnya di bagian pegunungan tengah, beberapa distrik terlambat melaksanakan pemilu karena surat suara belum sampai.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu legislatif di Aceh terpaksa diulang karena surat suara sudah berlubang sebelum pencoblosan dimulai.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, kecurangan ini diketahui pertama kali dari laporan warga yang hendak memilih.

"Ada surat suara yang sudah dilubangi dan ketahuan oleh masyarakat," kata Djoko Suyanto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Kecurangan ini dipastikan terjadi setelah Mabes Polri menggelar teleconference dengan 5 Kapolda yaitu Aceh, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

"Masyarakat saat ini memiliki kesadaran demokrasi yang lebih tinggi," ujar Djoko.

Di Papua, khususnya di bagian pegunungan tengah, beberapa distrik terlambat melaksanakan pemilu karena surat suara belum sampai. Djoko menampik hal itu terjadi karena logistik yang belum siap. "Karena kondisi geografis yang sulit dan faktor cuaca."

Baca juga:

Gerindra Merasa Dirugikan di Papua                        

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.