Sukses

Jajak Pendapat Indikator: PDIP Paling Banyak Dipilih, Disusul...

Perolehan PDIP disusul Golkar (11,5%), Gerindra (9,4%), Demokrat (7,5%), dan PKB (6,2%).

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei politik Indikator melakukan exit poll atau jajak pendapat terhadap hasil pemungutan suara Pileg 2014. Hasilnya, suara PDIP mengungguli hasil suara parpol lainnya.

"PDIP menjadi partai yang paling banyak dipilih (14,6%), disusul Golkar (11,5%), Gerindra (9,4%), Demokrat (7,5 %), PKB (6,2%), PAN (5,8%), PPP (5,5%), PKS (5,1%), Nasdem (4,9%), dan Hanura (4,7%)," papar Direktur Riset Indikator Hendro Prasetyo di Kembangan, Jakarta, Rabu (9/4/2014).

Hendro menjelaskan, 10 parpol tersebut berada di ambang batas parlemen 3,5%. Dengan demikian, parpol tersebut mampu memperoleh kursi di DPR RI. "Sedangkan, 2 partai yakni PBB (1,2%) dan PKPI (0,7%) diprediksi gagal meraih kursi DPR RI," ujar Hendro.

Menurut Hendro, alasan partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra dan Sutiyoso itu tak mampu meraup suara banyak di DPR, sebab kedua partai itu dinilai kurang melakukan aktivitas politik. "Data kita yang dimiliki sejak sebelumnya memang 2 partai ini nggak ada dinamika berarti."

"Artinya, partai ini aktivitasnya lemah sekali. Partai bisa diketahui aktivitas atau tidak, misal pernah iklan atau pernah datang ke masyarakat. Tetapi kalau masyarakat nggak tahu, artinya hasil exit poll begini ya tidak mengagetkan," pungkas Hendro.

Responden dalam exit poll ini sebanyak 1.416 orang dengan margin of error atau tingkat kesalahan sebesar 2,7%.

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini