Sukses

Lagi Hitung Suara, 3 TPS Ambruk Diterjang Puting Beliung

Secara mendadak angin puting beliung menerjang 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ambruk.

Liputan6.com, Pagaralam - Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) tengah menghitung hasil pencoblosan surat suara. Namun, secara mendadak angin puting beliung menerjang 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga ambruk.

3 TPS Pagaralam yang hancur itu yakni TPS 08, TPS 16, dan TPS 21 di Kelurahan Pagaralam, Kecamatan Pagaralam Utara, Sumsel. Tiupan angin puting beliung yang sangat kencang membuat posko TPS yang terbuat dari tenda beratap seng ambruk dan beterbangan. Alhasil, penghitungan suara dihentikan sementara waktu.

"Angin serta hujan memang sangat deras menerpa saat kami sedang menghitung hasil suara masuk," ujar Hadianto anggota PAM Linmas TPS 21 kepada Liputan6.com, Rabu (9/4/2014).

Pada saat angin puting beliung menghantam posko TPS, panitia sedang melakukan proses penghitungan suara untuk kertas suara calon legislatif (caleg) DPR RI.

"Terpaksa penghitungan suara kita lanjutkan di tempat lain setelah mendapat petunjuk dari KPU dan Panwaslu," katanya.

Dari kejadian itu, tidak ada kerusakan apa-apa kecuali rusaknya model C1 yang ditempel ke dinding untuk mencatat perolehan suara. Para warga yang menyaksikan penghitungan suara di TPS 21 pun langsung lari berhamburan untuk menghindari reruntuhan bangunan posko TPS.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Pagaralam Haidir Murni menyatakan, kejadian tersebut karena faktor cuaca yang sering berubah-ubah. "Ini adalah bencana alam, maklum cuaca di Pagaralam memang lagi sering berubah-ubah."

Divisi Hukum KPU Pagaralam Yenli Elmanoferi mengatakan, sejauh ini hanya 3 TPS yang rusak.

"Kita akan terus melakukan peninjauan ke tiap TPS untuk mengetahui keadaan di sana. Tapi peristiwa ini tak mempengaruhi proses penghitungan suara karena bisa dipindahkan ke tempat lain," tukas Yenli. (Anri Syaiful)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini