Sukses

TPS Mirip Gua Berhasil Kurangi Jumlah Golput

TPS itu sebelumnya merupakan rumah kosong. Ide pembuatannya berawal dari komunitas nongkrong di kampung.

Liputan6.com, Surabaya - Ada-ada saja cara petugas menarik perhatian pemilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Surabaya, tepatnya di Kelurahan Kupang Kraja, Kecamatan Sawahan, TPS 15 dibuat menyerupai sebuah gua.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 15 Reko Mulyo, Rabu (9/4/2014) mengatakan, TPS itu sebelumnya merupakan rumah kosong. Ide pembuatannya berawal dari komunitas nongkrong di kampung.

"Halaman di sini luas dan kebetulan rumahnya kosong, tapi karena atap-atapnya rusak, biar menarik perlu dimodifikasi," kata Reko kepada Liputan6.com. Biayanya juga murah, hanya Rp 150 ribu untuk membeli cat.

Reko yakin dengan berbentuk unik, warga mau mendatangi TPS sehingga angka golongan putih (golput) berkurang. Terbukti, partisipasi daftar pemilih tetap (DPT) tinggi di TPS ini dibandingkan pemilu sebelumnya. Sampai pukul 12.00, 200 pemilih sudah datang mencoblos.

"Pengerjaan TPS butuh waktu 3 hari. Dananya swadaya masyarakat. Untuk menciptakan suasana alam gua, warga menggunakan bungkus semen yang ditempel di langit."

(Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini