Sukses

Caleg Tukar Uang di BI Tegal

Jelang pelaksanaan pemilu legislatif hari ini, sejumlah caleg ramai menukarkan uang pecahan baru di BI Cabang Tegal, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Tegal - Jelang pelaksanaan pemilu legislatif hari ini 9 April 2014, sejumlah caleg ramai menukarkan uang pecahan baru di Bank Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (9/4/2014), pemandangan penukaran itu jauh lebih ramai jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Bahkan, dalam sehari penukaran uang pecahan bisa mencapai Rp 2 miliar atau meningkat 3 kali lipat.

Uniknya, selain masyarakat umum, di antara para pengantre juga banyak calon anggota legislatif yang akan menukarkan uang pecahan baru.

Kepala BI cabang Tegal mengatakan, penukaran uang mulai meningkat sejak pertengahan Maret lalu dan mencapai puncaknya jelang pemilu caleg.

Para penukar uang yang datang, di antaranya ada yang datang terang-terangan dengan menggunakan mobil berlogo partai dan bergambar caleg tertentu. Namun ada pula caleg yang menggunakan jasa orang lain untuk datang ke bank.

Mereka membawa uang ratusan juta rupiah untuk ditukar dengan uang pecahan baru, mulai dari pecahan Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Usai menukarkan uang, kebanyakan dari mereka langsung pergi dan menghindar dari kamera wartawan. Namun ada juga yang mengaku sengaja menukar uang pecahan baru untuk bersedekah pada pesta demokrasi yang berlangsung hari ini. (Mevi Linawati)

Baca juga:

Diam-diam Bawa Surat Suara, Ketua KIP Aceh Timur Ditangkap Polisi

Setelah Diperiksa Polisi, Ketua KIP Aceh Timur Dibebaskan

SBY: Pastikan Pemungutan Suara Berlangsung Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini