Sukses

Dinilai `Ndeso`, Mahfud MD Disarankan Ubah Penampilan

"Sisi politiknya belum muncul. Jadi Pak Mahfud masih terlihat sebagai akademisi dibandingkan seorang capres."

Liputan6.com, Jakarta - Nama Mahfud MD diprediksi sejumlah pengamat dan lembaga survei sebagai calon presiden yang potensial. Namun, untuk menjadi seorang pemimpin, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu dinilai belum memperlihatkan kharisma politiknya.

Hal itu dikatakan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR, Marwan Jafar. Menurutnya, dengan predikat salah 1 capres PKB, Mahfud hingga kini masih terlihat seperti sorang akademisi.

"Pak Mahfud MD ini sudah jadi capres, tapi sisi politiknya belum muncul. Jadi Pak Mahfud masih terlihat sebagai akademisi dibandingkan seorang capres," kata Marwan di Jakarta, Sabtu (5/4/2014)

Selain itu, lanjut Marwan, penampilan Mahfud juga dinilainya bergaya lama. "Mahfud itu 'ndeso' sekali. Dari saya kenal dari pengajar sampai sekarang masih ndeso," ujarnya.

Namun, Marwan meyakini untuk permasalahan ilmu, Mahfud adalah seorang yang memiliki wawasan luas dan berintegritas. ‪"Kalau sisi keilmuan Pak Mahfud, nggak perlu kita membahasnya lagi," katanya.

Sementara itu, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro juga mengatakan untuk menjadi presiden ataupun wakil presiden harus mempunyai penampilan yang baik. Termasuk dari sisi berpakaian dan komunikasi.

"Performance Pak Mahfud harusnya diubah sedikit. Karena menjadi RI 1 atau RI 2 itu performance-nya harus bagus. Apalagi di mata ibu-ibu senang wajah yang cool. Karena ternyata pemilih kita 50 persen ibu-ibu. Pak Mahfud harus bisa menghipnotislah," katanya. (Elin Yunita Kristanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.