Sukses

Jokowi Kampanye ke Jayapura, Pesawat <i>Delay</i> 2 Jam

Jokowi bersama rombongan diperkirakan tiba di Bandara Sentani pukul 09.00 WIB, sementara jadwal sebelumnya tiba pukul 07.00 WIB.

Liputan6.com, Jayapura - Pesawar rombongan Jokowi dijadwalkan akan terlambat tiba di Jayapura. Keterlambatan pesawat dikarenakan pengisian avtur di Bandara Dominique Edward Osok, Sorong.

"Kemungkinan tiba di Bandara Sentani pukul 09.00 WIT. Sebelumnya pesawat yang membawa 8 orang rombongan itu dijadwalkan tiba pukul 07.00 WIT. Tidak ada perubahan rangkaian kegiatan jadwal di Jayapura. Semua seperti yang telah dijadwalkan, hanya saja ada pergeseran waktu Jokowi di Jayapura," kata Wakil Ketua DPD PDIP Surya Ibrahim, Jayapura, Sabtu (05/04/2014).

Pantauan Liputan6.com di Bandara Sentani, terlihat Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dikabarkan telah tiba di Bandara Sentani sekitar pukul 05.30 WIT. "Pak Jenderal sudah tiba sejak pagi dan dia sendiri yang langsung memantau kesiapan pasukan di lapangan," kata salah satu personil polisi yang sedang bertugas pengamanan orang nomor satu DKI Jakarta itu.

Dalam kedatangannya ke Jayapura, Jokowi tak akan menggunakan ruang kedatangan VIP Room bandara, seperti tamu biasanya. "Jokowi akan lewat pintu kedatangan umum dan tidak ada prosesi adat yang panjang saat dia turun dari pesawat. Hanya ada pemasangan topi Cenderawasih oleh 5 ibu, yang melambangkan Pancasila," pungkas Surya.

Aksi Simpatik

Menjelang kedatangan Jokowi ke Jayapura, Papua, hari ini puluhan relawan pendukung Jokowi turun ke jalan sejak Jumat 4 April pagi hingga malam.

Mereka membagikan selebaran yang berisi dukungan warga Papua untuk Jokowi menjadi Presiden RI. Aksi pembagian selebaran di sepanjang Jalan Abepura, Kota Jayapura itu sengaja dilakukan untuk mencari dukungan simpatik warga setempat.

“Aksi ini untuk mengajak warga Papua bergabung dalam posko relawan Jokowi. Kami bukan dari partai politik, kami non partisan. Aksi ini merupakan kehendak rakyat yang menginginkan perubahan. Apapun partainya, Jokowi harus presidennya,” kata Bastian Simanjuntak, salah satu pendukung Jokowi di Jayapura, Jumat, (4/4/2014).

Juru bicara Lapak atau relawan Papua untuk Jokowi, Jerry Omona mengatakan, kumpulan para relawan itu bukan untuk menyaingi komunitas pendukung calon presiden lainnya di Indonesia. "Masyarakat saat ini sudah kehilangan kepercayaan kepada pemerintah."

"Untuk itu, Indonesia memerlukan presiden yang benar-benar memihak rakyat. Bukan sekedar pemimpin yang pura-pura menjadi presiden, namun kemudian hanya menumpuk kekayaan," ujar Jerry.

Relawan untuk Jokowi ini berdiri sejak akhir Maret 2014. “Kami mandiri, independen dan militan, dan tidak berafiliasi dengan partai atau kelompok manapun,” katanya lagi.

Capres PDIP itu direncanakan akan menghadiri rapat umum di Jayapura, hari ini. Jokowi akan tiba di Bandara Sentani, Sabtu pagi, dan akan mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan yang telah diprogramkan partai berlambang banteng tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini