Sukses

PKB Optimis Masuk 3 Besar Hasil Pileg 2014

Menurut Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar setelah disurvei, di Jawa Timur bisa menang hingga 30 %.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ingin membuktikan kemenangan besar di basis masyarakat santri Jawa Timur (Jatim) dengan menggandeng para ulama setempat untuk menciptakan kemajuan bangsa.

"Jawa Timur setelah kita survei yang kredibel bisa menang hingga 30 %. Saya berharap, bukan hanya hasil survei yang menunjukkan PKB menang di Jawa Timur, tapi mari kita buktikan seluruh warga Jatim mencoblos PKB pada 9 April nanti," kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/4/2014).

Menyadari Jawa Timur sebagai daerah pendulang suara Nahdliyin terbesar, dalam kampanye terbuka ini hadir pula para petinggi PKB lainnya. Seperti Wasekjen DPP PKB Abdul Malik Haramain, Ketua DPP PKB Ida Fauziyah, dan jurkamnas Rhoma Irama.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu menegaskan, PKB dapat menduduki posisi ketiga dalam raihan suara nanti. Itu semua berkat soliditas para kader PKB serta sokongan nahdliyin dan para kiai. "Kita bersyukur PKB Jatim solid di bawah NU, kaum muda, jaringan muslimat, Bu Khofifah, semua bergabung dalam satu kesatuan PKB."

"Kita optimis 3 besar tercapai, insyaallah 3 besar akan kita raih dengan dukungan yang begitu kuat dan merata. 2014 ini tahun kebangkitan baru, tahun 2014 tahun soliditas NU-PKB mulai dari Kiai Said Aqil, PBNU sampai ke bawah," tandas Cak Imin.

Meski di atas angin, Cak Imin tetap mengingatkan para calon pemilih agar potensi kecurangan diminimalisir, terutama di daerah-daerah terisolir. Sebab, kecurangan pasti akan terjadi di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan.
 
Pada kesempatan sama, Ketua DPC PKB sekaligus Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf Gus Irsyad mengamini target raihan suara tersebut. Caranya dengan tetap istiqomah membela PKB dan aspirasi NU.
 
"Orang-orang yang hadir di sini orang yang istiqomah, yang akan masuk ke surgaNya. PKB merupakan partai yang tepat karena didirikan kiai-kiai NU dan menyalurkan aspirasi NU," tegasnya.
 
Optimisme PKB menang besar di Jawa Timur bukan sekedar klaim semata. Dukungan para kiai menjadi salah satu tolok ukurnya. Dalam kampanye di Pasuruan saja sebanyak 250 kiai hadir dan menyatakan dukungannya kepada PKB.

Bahkan sebelumnya pengasuh Ponpes Sidogiri KHA Nawawi Abdul Djalil telah mengeluarkan maklumat atau tausyiah. Dalam maklumatnya, ia mengimbau kepada warga nahdliyin dan alumni Pondok Pesantren Sidogiri untuk mendukung PKB yang didirikan ulama NU itu.

"Kyai Nawawi mengajak semua warga nahdliyin dan alumni untuk mendukung dan mencoblos PKB. Bila warga NU dan alumni ponpes mendukung PKB, maka para ulama yang mendirikannya akan mendoakan bahagia dunia akhirat," kata Irsyad Yusuf mengutip tausyiah penasihat DPW PKB Jatim tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.