Sukses

Sita Puluhan Senpi, TNI Pastikan Pemilu di Daerah Aman

TNI jamin kondisi seluruh wilayah Indonesia menjelang pemilu legislatif dan pilpres aman. Sebab puluhan senjata api sudah mereka sita.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjamin kondisi seluruh wilayah Indonesia menjelang pemilu legislatif dan pilpres aman. Sebab TNI sudah menyita puluhan senjata api (senpi) dari kelompok separatis di daerah rawan konflik.

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyampaikan, senjata yang berhasil disita pertama di daerah Ambon sebanyak 22 pucuk dengan berbagai jenis senjata.

"Itu dalam kurun waktu 6 bulan, jadi kondisi di daerah Ambon, Maluku dan informasi terakhir cukup stabil," kata Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (4/4/2014).

Selain di Ambon, senjata yang berhasil disita di daerah Papua sebanyak 27 pucuk, Aceh 22 pucuk. Senjata itu berhasil disita dalam kurun waktu 3 bulan. Moeldoko berharap Panglima Komando Utama (Pangkotama), bisa melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat untuk menarik senjata yang belum disita.

"Agar senjata itu tidak digunakan semena-mena," ujarnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) itu memastikan, TNI bisa menjaga netralitasnya tanpa ada paksaan maupun mempengaruhi satu sama lainya. Karena kata dia, kondisi TNI sekarang dengan TNI jaman dulu berbeda. Jaman dulu TNI tidak netral karena ada perintah.

"Itulah perbedaan tentara dulu dengan tentara jaman sekarang. Jadi percaya TNI akan memberikan kontribusi," tandas Moeldoko. (Raden Trimutia Hatta)

Baca Juga:

30 Ribu Prajurit TNI Siap Amankan Pemilu 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.