Sukses

Disambangi Jokowi, Iwan Fals: Timses Jangan Manfaatkan Momen

Iwan Fals berpesan kepada tim sukses tidak memanfaatkan momen pertemuan dirinya dengan politisi sebagai bagian dari strategi meraup suara.

Liputan6.com, Depok - Musisi bertema sosial, Iwan Fals berpesan kepada tim sukses (timses) untuk tidak memanfaatkan momen pertemuan dirinya dengan politisi sebagai bagian dari strategi meraup suara. Salah satunya dengan memasang foto dirinya dengan bakal capres di spanduk atau banner yang disebar alias bermain `politik bener`.

Pesan Iwan itu lantaran dirinya pernah dimanfaatkan oleh timses capres Amien Rais pada Pemilu 2004 silam. Ketika itu Amien Rais berpasangan dengan Siswono Yudohusodo menyambangi dirinya untuk terlibat berpolitik dan mengajak `turun gunung`.

"Amien Rais datang ke sini, (ajak) Mas Iwan, ayo turun gunung, (saya bilang) ada apa," kata Iwan Fals saat menjamu capres PDIP, Jokowi, di kediamannya, Desa Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/4/2014).

Kemudian cerita musisi bertema Sosial itu, dirinya merasa tidak pernah berfoto dengan Amien Rais. Namun, entah kenapa ada foto dirinya bersama Amien Rais bertebaran di spanduk. Tampak foto itu diambil di bagian depan kediaman Iwan.

"Foto itu beredar di mana-mana. Yang terjadi apa? Ya, kalah Pak Amien Rais, itu yang terjadi kalau berangkat dari bohong," canda Iwan Fals.

Saat itu, Iwan menolak tawaran mantan Ketua Umum PAN itu untuk berpolitik. Apalagi, dirinya masih mengenang kematian anak tertuanya, Galang Rambu Anarki pada 1997 silam.

"Saya bilang (ke Amien Rais), saya tidak mengerti apa-apa (soal politik), saya nyanyi saja," ujar musisi senior berusia 53 tahun tersebut.

Kesan yang ditangkap Iwan, foto itu seakan-akan menunjukkan dirinya telah memberikan dukungan kepada Amien Rais. Padahal, sebagai seniman, dirinya bersikap untuk tidak berpolitik praktis. Namun demikian, pelantun Manusia Setengah Dewa ini tak menuding Amin Rais. Hanya diduga tim sukses atau pendukung Amien Rais saat itu yang berbuat.

"Tapi mungkin Pak Amien Rais tidak tahu, teman-temannya yang mendukung (yang mengedarkan)," beber musisi bernama lengkap Virgiawan Listanto.

Karena itu, dia tak mau diartikan kedatangan Jokowi ke kediamannya untuk disalahartikan. Sebab, pertemuan itu hanya silaturahmi biasa. Ia menawarkan kepada capres-capres lain yang hendak bertandang ke rumahnya. "Capres-capres lain kita terima dong, Pak Aher kemarin datang saat cagub Jabar ya," ujar Iwan.

Namun demikian, dia menolak untuk diajak kampanye bagi capres maupun parpol. Pasalnya, dirinya kerepotan mengurus kegiatannya sebagai musisi. "Saya kampanye? Ndak lah. Platform saya di sini (musik). Urusin lagu Bento saja sulit padahal ciptaan saya sendiri," pungkas Iwan Fals.

Baca juga:

Pertemuan Jokowi dan Iwan Fals Dinilai Bangkitkan Mitos Jawa
Jokowi Sambangi Kediaman Iwan Fals
Jokowi Temui Iwan Fals Nanti Malam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini