Sukses

Sambangi Iwan Fals, Jokowi Mengaku Sahabat Lama

Calon presiden yang diusung PDI Perjuangan ini menepis bila kunjungannya itu dianggap sebagai bagian politik pencitraan.

Liputan6.com, Depok - Joko Widodo alias Jokowi mengaku pertemuan dengan Iwan Fals sebagai sahabat lama yang pernah berjumpa di Solo, Jawa Tengah. Calon presiden yang diusung PDI Perjuangan ini menepis bila kunjungannya itu dianggap sebagai bagian politik pencitraan.

"Ini bukan pertemuan politik, kita berkawan sudah lama waktu di Solo, jadi ndak usah dikait-kaitkan," tegas Jokowi di kediaman Iwan Fals, Desa Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Kamis (3/4/2014).

Gubernur DKI Jakarta itu bersikukuh bahwa pertemuan ini sebatas silaturahmi biasa kepada musisi senior Iwan Fals sekaligus sebagai pengemar dan sahabat. Hal itu menanggapi penilaian beberapa pihak yang mempolitisasi pertemuannya. Targetnya kata mantan Walikota Solo itu mengetahui rumah musisi yang kerap melantunkan lagu sarat kritik sosial itu.

"Pertemuan ini targetnya ketemu Bang Iwan, tahu ke rumah Bang Iwan dan itu makna silaturahmi. Jadi ke rumah Mas Iwan mau bicara berbau kebudayaan," ujar dia.

Sementara, Iwan Fals mengakui mengenal Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Solo. Dia pun mengaku saat bertandang ke Solo dibelikan tiket kereta api oleh Jokowi. "Saya kenal beliau (Jokowi) sudah cukup lama. Saya nggak tahu, saya ditraktir kereta api," ujar Iwan.

Dia pun mengaku kaget perjalanan politik Jokowi yang tampak cepat. Tak terasa sudah menjadi Gubernur DKI lalu berjalan hingga bakal capres PDIP. "Terus dia ke Jakarta, menang sebagai Gubernur, terus sekarang nyapres. Mudah-mudahan Gusti Allah mendukung. Saya sebagai seniman mudah-mudahan itu, negeri yang indah ini dipelihara disayangi," ujar musisi bernama asli Virgiawan Listanto.

Meski kedatangan Jokowi ke kediaman Iwan Fals terlambat, yang mestinya dijadwalkan pukul 19.00 WIB, dan Jokowi baru tiba pukul 20.45 WIB, toh suasana tampak santai dan rileks. "Saya mohon maaf terlambat karena kerja, meloncat-loncat. Karena ini mau ke Karawang bisa sampai jam 3 (dini hari). Lalu sampai rumah bisa jam 4 (subuh)," ungkap Jokowi.

Tampak keduanya duduk satu meja berdampingan, dengan ditemani sesepuh Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi sekaligus Ketua MPR Sidarto Danusubroto dan politisi PDIP Eva Sundari.

Pertemuan yang berlangsung hampir 2 jam itu harus disudahi setelah tanya jawab wartawan yang dibatasi 2 orang. Alasannya, Jokowi hendak menuju Karawang. "Mau ke Karawang ketemu DPC untuk pembekalan saksi TPS," ujar dia.

Jokowi pun sebelum meninggalkan kediaman Iwan Fals sempat menyanyikan sedikit lagu ciptaan sang trubadur negeri ini berjudul Galang Rambu Anarki.

Baca juga:

Pertemuan Jokowi dan Iwan Fals Dinilai Bangkitkan Mitos Jawa
Jokowi Sambangi Kediaman Iwan Fals
Jokowi Temui Iwan Fals Nanti Malam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.