Sukses

Kasus Korupsi Jadi Senjata Andalan Jatuhkan Antarparpol

Meski begitu, persoalan korupsi bukanlah satu-satunya persoalan yang mendapatkan perhatian masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Temuan survei Evello System menyebutkan kasus korupsi memang primadona di media online. Bahkan, dalam pertarungan politik, kasus-kasus korupsi ini kerap dipakai sebagai senjata saling menjatuhkan citra antar parpol.

"Pemantauan Evello di media online juga menunjukkan bahwa isu korupsi menjadi primadona pemberitaan dibandingkan isu-isu lainnya seperti keamanan, pendidikan, layanan kesehatan, listrik, suap, insfrastruktur, lapangan pekerjaan dan layanan pemerintahan," kata CEO Evello System Corp Dudy Rudianto di Jakarta, Rabu (2/4/2014).

Dudy menambahkan, share indeks untuk kasus korupsi ini mencapai 24,07 persen. Jika dibandingkan dengan keamanan yang mencapai 21,26 persen dan pendidikan yang hanya mencapai 20,16 persen. "Layanan kesehatan mendapatkan share index sebesar 15 persen dan listrik mencapai 9,2 persen."

Namun Dudy menerangkan, persoalan korupsi bukanlah satu-satunya persoalan yang mendapatkan perhatian masyarakat. Sebab, di facebook saja persoalan listrik seperti pemadaman bergilir, listrik mati dan tarif listrik naik dapat menjadi persoalan utama dibandingkan korupsi.

Seperti dikatakan Dudy, pada media sosial twitter, perbincangan mengenai kasus korupsi menjadi isu paling tinggi dibandingkan listrik dan keamananan. Share index untuk isu korupsi di twitter mencapai 23,77 persen dibandingkan listrik yang mencapai 22,49 persen.

"Isu mengenai keamanan menjadi perbincangan yang cukup tinggi, di mana share index nya mencapai 12,6 persen. Maka total pembicaraan mengenai isu-isu tersebut mencapai 1.283.866 pembicaraan di twitter," pungkas Dudy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • parpol

Video Terkini