Sukses

Dana Prabowo Sokong Jokowi-Ahok Rp60 M Diungkit, Ahok: Tak Segitu

Prabowo disebut-sebut telah mengeluarkan dana Rp 60 miliar untuk pasangan Jokowi-Ahok pada Pemilukada DKI 2012. Tapi Ahok membantahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan telah menggelontorkan dana Rp 60 miliar untuk pemenangan pasangan Jokowi-Ahok dalam Pemilukada DKI 2012. Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membantahnya.

"Mana ada segitu? Itu sebenarnya yang terjadi, kalau menurut saya, beliau mungkin keluar uang itu karena beliau iklan di televisi. Iklan di TV itu ada muncul saya dan Jokowi jalan, bukan iklannya DKI," ujar Ahok di kantor Balaikota Jakarta, Selasa (1/4/2014).

"Kita laporin kok, pada waktu itu cuma habis berapa puluhan atau berapa belas miliar."

Menurut Ahok, dana yang habis mencapai puluhan miliar tersebut tidak semuanya berasal dari dana yang dikeluarkan Prabowo. Tetapi juga ada yang didapat dari sponsor.

"(Dari Prabowo semua) Nggak. Kalau nyumbang ada penyumbang jelas kok. Dari grupnya ABC saja Rp 4,5 M saya tahu. Resmi dia kirim pakai perusahaan dia," ungkap Ahok.

Justru menurut Ahok, iklan tersebut adalah iklan kampanye dari Prabowo. Karena posisi saat itu Jokowi-Ahok hanya sebagai figuran dalam iklan kampanye tersebut.

"Yang ada iklan Pak Prabowo lantas muncul ada (Jokowi-Ahok) makanya sekarang itu iklan siapa? Mungkin yang dia maksud habis sekian banyak ya karena iklan itu. Kami nggak pernah merasa iklan di TV," tandas Ahok. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Purnawirawan TNI: Hanya Prabowo yang Penuhi Kualifikasi Presiden

INES: Prabowo Kalahkan Jokowi karena Strong Leadership

Prabowo Gandeng Abraham Samad, Jokowi Terancam?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.