Sukses

97 Nama Masuk Daftar Caleg Bersih di Bersih2014.net

Sejumlah nama caleg yang masuk berasal dari tingkat pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPRD Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Gerakan Bersih 2014 akhirnya meluncurkan 97 nama caleg yang dinilai bersih sebagai peserta Pemili 2014. Daftar nama ini berasal dari berbagai parpol peserta pemilu.

"Sejak dideklarasikan 23 Maret 2014 sudah masuk 97 nama caleg yang direkomendasikan dalam Bersih2014.net," kata Koordinator Eksekutif KontraS Haris Azhar di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (1/4/2014).

Sejumlah nama caleg yang masuk berasal dari tingkat pemilihan dari DPR RI 32 caleg, DPD RI 10 caleg, DPRD Provinsi 22 caleg, DPRD kabupaten atau kota 29 caleg dan DPRD Aceh 4 caleg.

Haris mengatakan, munculnya nama dan laman Bersih2014 ini, merupakan upaya mendorong caleg yang memang memiliki integritas dan rekam jejak baik, untuk membuktikan kerja nyata. Mereka juga harus membuktikan diri bahwa mereka benar-benar bersih.

"Ada beberapa kriteria yang kita ajukan agar masuk dalam caleg bersih, seperti tidak pernah tersangkut korupsi, membela dan menegakkan HAM, peduli pada persoalan lingkungan, dan konflik agraria," ungkapnya.

Sejak diluncurkan sampai saat ini, laman Bersih2014.net sudah diakses lebih dari 5,8 juta orang. Hal ini menunjukkan masyarakat masih membutuhkan informasi para caleg yang akan dipilihnya.

"Ada kemiskinan informasi, terutama mereka yang bisa mengakses gadget (perangkat) tentang caleg yang maju 9 April nanti. Kedua, tingginya akses sebagai upaya masyarakat mencari siapa yang bersih. Bukan hanya informasi, tapi keinginan cari caleg kredibel. Ada kemajuan teknologi untuk mendidik publik," lanjut Haris.

Sejauh ini, masih ada 30 caleg yang masuk daftar tunggu Bersih2014. Mereka mengajukan diri untuk bisa masuk kriteria yang diinginkan sebagai caleg bersih. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

KPK Temukan Gratifikasi Anggota DPR yang Jadi Caleg 2014

Kampung Ini Siap Terima `Serangan Fajar` Caleg

Kampanye di Sekolah, Caleg Demokrat Diadili

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini