Sukses

SBY Sebut 7 Warisan Demokrat di Jawa Tengah

Di hadapan puluhan ribu massa, SBY menyampaikan 7 keberhasilan pemerintahannya di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Semarang - Dalam kampanye terbuka Partai Demokrat di pelataran parkir timur PRPP Semarang, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi juru kampanye tunggal. Di hadapan puluhan ribu massa, SBY menyampaikan 7 keberhasilan pemerintahannya di Jawa Tengah.

Pertama adalah suksesnya pembangunan jalur rel ganda yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Dengan adanya rel ganda, frekuensi perjalanan kereta api bertambah serta lebih cepat. Efeknya adalah peningkatan perekonomian masyarakat.

"Setelah puluhan tahun ditunggu, sekarang sudah ada rel ganda. Dengan rel ganda, kereta lebih cepat, aman, dan nyaman," kata SBY, Sabtu (29/3/2014).

Monumen warisan kepemimpinannya adalah jalan tol Semarang-Solo yang saat ini sudah sampai ke Bawen. SBY meminta menteri PU agar peresmian tidak perlu menunggu Presiden agar bisa cepat digunakan.

"Ketiga, adalah pembangunan instalasi gas bumi dari Kepodang-Semarang. Nantinya industri di Jawa Tengah akan meningkat," tambahnya.

Selain itu, SBY juga menyebut suksesnya perluasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Awalnya perluasan ini sempat terhambat. Ketika Gubernur Jawa Tengah asal PDIP, Ganjar Pranowo tak mampu mengatasi, akhirnya memintanya turun tangan.

"Setelah turun tangan, Alhamdulillah akan kita bangun dan perluas," kata SBY.

Capaian lainnya, adalah pengesahan Universitas Tidar di Magelang sebagai Universitas Negeri. Ada pula lembaga penjaminan sosial masyarakat yaitu BPJS. Menurut SBY,  kini 120 juta orang terdaftar dalam BPJS dan 86,4 juta masyarakat tidak mampu di antaranya sudah bisa mendapatkan pelayanan gratis kesehatan.

"Monumen ke-7 adalah  undang-undang desa yang sudah  disahkan. Kini dengan UU itu, pemerintahan desa akan mendapatkan bantuan keuangan hingga Rp 750 juta/tahun. Sehingga desa akan semakin maju dan masyarakat tak perlu menambah kesesakan kota," kata SBY yang disambut gemuruh yel-yel dari massa.

Dalam kampanye hari ini, SBY didampingi Ani Yudhoyono dan putranya yang juga Sekjen Partai Demokrat Edi Baskoro Yudhoyono, kemudian  Anggota Dewan Pembinaan Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, Wakil ketua V DPP Partai Demokrat Agus Hermanto, Calon Presiden Konvensi Partai Demokrat Dahlan Iskan, dan pejabat partai dari Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini