Sukses

`Dilirik` Prabowo, Abraham Samad Diminta Fokus ke Penegakan Hukum

Ketua DPP PAN, Didik Rachbini, meminta Ketua KPK Abraham Samad lebih fokus pada penegakan hukum daripada berpikir untuk berpolitik.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto dikabarkan berminat menjadikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad sebagai pendampingnya pada Pilpres 2014.

Ketertarikan itu kemudian mendapat respons dari berbagai pihak. Termasuk dari Partai Amanat Nasional (PAN). Menurut Ketua DPP PAN, Didik Rachbini, Abraham lebih baik fokus pada penegakan hukum.

"Fokus saja kepada hukum. Nggak usah berpolitik. Tapi kalau mau nyapres ya masuk parpol," kata Didik di sela-sela sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (22/3/2014).

Didik menganjurkan, seandainya Abraham tetap ingin maju menjadi cawapres, maka dia harus undur diri dari KPK. "Kalau masuk politik ya tak perlu ditanyakan lagi, angkat kaki dari KPK," ujar dia.

Sementara PAN sendiri menurut Didik sejauh ini belum memutuskan apakah akan berkoalisi dengan partai lain atau tidak. Termasuk merapat ke PDI Perjuangan yang sudah mendeklarasikan Joko Widodo sebagai calon presidennya. "PAN belum mengambil keputusan apa-apa," kata Didik.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan PAN akan merapat ke partai lain, tak terkecuali PDIP. Bahkan PAN juga tak menutup pintu untuk menyandingkan Jokowi dengan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa pada Pilpres 9 Juli mendatang.

"PAN mengambil segala kemungkinan untuk berperan di dalam politik, peranannya bisa koalisi bisa oposisi, tergantung dari komunikasi politik yang ada. Dan dua-duanya menurut saya baik," kata dia.

Seperti diketahui, sejauh ini PAN masih dalam rencana semula, yakni mengusung Ketua Umum Hatta Rajasa untuk maju menjadi capres. Sementara di satu sisi, pencapresan Jokowi dinilai berbagai pihak akan mengubah peta politik yang ada menjelang pilpres.

Beberapa waktu lalu Hatta dikabarkan sudah bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kuat duagaan pembicaraan di antara keduanya menyangkut kerja sama PAN dan PDIP pada pilpres mendatang. (Elin Yunita Kristanti)

 Baca juga:

SBY dan Hatta Rajasa Kampanye di Malang Hari Ini

Hatta Hadiri Kampanye PAN di Sumedang

Abraham Samad Cawapres Prabowo? Jubir KPK: Terserah...

Jadi Cawapres? Abraham Samad Diharap Tuntaskan Tugas di KPK

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini