Sukses

PDIP, Melejit Bersama Kader-kader `Bintang`

PDIP diprediksi akan jadi pemenang pemilu 2014. PDIP juga mempunyai banyak kader yang mampu menaikkan elektabilitas partai.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menatap pemilu 2014 dengan penuh optimisme. Berbagai survei menunjukkan PDIP berpeluang tampil sebagai pemenang pemilu legislatif. Partai nomor urut 4 ini memang memiliki modal politik yang kuat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (20/3/2014), PDIP telah melahirkan tokoh-tokoh muda yang populer, seperti Joko Widodo, Tri Rismaharini dan Ganjar Pranowo.

Bahkan setelah Joko Widodo menyatakan siap maju sebagai calon presiden dari PDIP, perolehan suara partai berlambang banteng ini diprediksi akan lebih meningkat.

Kemungkinan PDIP akan tampil sebagai pemenang pemilu tergambar dari survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Februari 2014. Dengan pertanyaan jika pemilu digelar sekarang, maka PDIP berada di urutan pertama dengan 14,9 persen suara.

PDIP memang telah membulatkan tekad untuk kembali tampil sebagai pemenang pemilu legislatif 2014. Ketika rezim orde baru tumbang, PDIP meraup banyak dukungan. Partai ini memang lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap rezim orde baru.

Di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri, PDIP memenangi Pemilu 1999. Setelah Presiden Abdurahman Wahid dilengserkan, Megawati pun naik menjadi presiden RI. Namun setelah itu popularitas PDIP justru turun. Pada pemilu 2004 dan 2009 PDIP mengalami kekalahan.

Mampukah PDIP mengelola kekuatan yang dimiliki saat ini untuk kembali memenangi pemilu di 2014? (Mevi Linawati)

Baca juga:

[VIDEO] PKS, Tetap Optimis Meski Didera Kasus

[VIDEO] PKB, Partai Bentukan Ulama NU

[VIDEO] Nasdem, Partai Pendatang yang Diperhitungkan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.