Sukses

Jokowi Mundur dari Gubernur DKI?

Pertimbangan Jokowi mundur dari jabatannya saat ini masih menunggu pendaftaran resmi calon presiden

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Imdonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi telah mendeklarasikan Jokowi sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Namun hingga kini, pemilik nama asli Joko Widodo itu masih menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau itu (mundur) belum, itu kan ada kajian hukum tata negaranya," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, selasa, (18/3/2014).

Menurutnya, pertimbangan mundur dari jabatannya saat ini masih menunggu pendaftaran resmi calon presiden. Atau kata Jokowi, sesuai hukum tata negara dia bisa saja mengambil cuti panjang. Namun hal tersebut masih belum diputuskan pihaknya.

"Itu memang ada beberapa alternatif. Memang (secara hukum) bisa mundur (dari jabatan gubernur DKI) atau bisa cuti panjang. Tapi belum," kata Jokowi.

Selain itu, terkait tugasnya sebagai juru kampanye  (Jurkam) nasional, Jokowi yakin hal itu tidak akan menggangu tugasnya sebagai Gubernur DKI. Ia pun mencontohkan saat dirinya maju dalam Pilgub DKI namun tetap dapat menjalani tugas sehari-harinya sebagai walikota Solo.

"Saya kan juga waktu dulu di Solo. Senin sampai Jumat di Solo. Kampanye nya Sabtu dan Minggu, tidak ada masalah," pungkas Jokowi.

Baca Juga:

Kampanye di Museum, Jokowi: Ingin Beda dari yang Lain

Kriteria Cawapres Idaman Jokowi

Ahok: Orang Sudah Tahu Jokowi, Ngapain Kampanye Lagi?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini