Sukses

Polri Siagakan Helikopter untuk Evakuasi SBY di Kampanye Akbar

Polri menyiagakan 1 unit helikopter untuk mengevakuasi Presiden SBY yang akan hadir pada kampanye Partai Demokrat di Tulungagung.

Liputan6.com, Tulungagung - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Umum Partai Demokrat akan menjadi juru kampanye nasional di Tulungagung, Jawa Timur. Polri menyiagakan 1 unit helikopter untuk antisipasi evakuasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bila terjadi kondisi tak diinginkan tengah kampanye akbar itu.

"Kami siagakan untuk mengantisipasi jika terjadi peristiwa darurat yang membahayakan keselamatan Bapak Presiden," kata Kapolres Tulungagung AKBP Whisnu Hermawan Februanto di lokasi kampanye Partai Demokrat di Stadion Rejoagung, Kota Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (18/3/2014).

Saat ini helikopter milik Polda Jatim itu telah disiagakan di Lapangan Beji yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi kampanye. Menurut Whisnu, pesawat khusus menjadi opsi pertimbangan polisi, untuk mengantisipasi jika terjadi kerusuhan atau teror yang mengancam nyawa atau keselamatan kepala negara.

"Sejauh ini situasi aman terkendali. Langkah (pengamanan) ini diberlakukan karena salah satu juru kampanye kebetulan merupakan seorang kepala negara," ulangnya.

Selain helikopter, polisi juga menyiagakan sedikitnya 1 unit kendaraan penyemprot air dan 3 kendaraan perintis di sekitar Stadion Rejoagung selama kegiatan kampanye berlangsung.

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD Partai Demorkat Jatim, Giri Sancoko mengatakan, kampanye perdana Demokrat di Tulungagung akan berlangsung mulai pukul 13.30 WIB sampai selesai. "Massa, kader, dan simpatisan yang hadir diperkirakan mencapai lebih dari 30 ribu orang," ujarnya. (Ant/Ismoko Widjaya)

 

Baca juga:

SBY: Jangan Bebani Presiden Baru dengan Kabut Asap

SBY Kampanye di Bantul, Duet dengan `Wali`

SBY Jadi Jurkam di Malang Pekan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini