Sukses

Survei: Mahfud MD dan JK Dongkrak Suara PKB

Hasil survei Cirus Surveyor Group menunjukkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menduduki rangking teratas. Berikut uraiannya:

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Cirus Surveyor Group menunjukkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menduduki rangking teratas dengan 22,40 persen. Dibandingkan partai berbasis Islam lainnya, PKB dinilai Parpol terbuka mewakili suara umat Islam di Indonesia.

"PKB berada diposisi teratas, karena dianggap partai politik yang mewakili suara umat Islam di Indonesia," ujar Executive Secretary CIRUS, Ian Suherlan dalam keterangan pers terkait hasil survei Prospek Partai Islam dan Capres dari Partai Islam, di Jakarta, Minggu (16/3/2014).

Keunggulan PKB dalam survei yang dilakukan pada Februari hingga awal Maret, dengan proporsi 57 persen pedesaan dan 43 persen perkotaan. Dengan jumlah 2.200 responden yang tersebar di 33 Provinsi itu, disusul PPP 18,48 persen, PKS 11.84 persen, PAN 8,76 persen. Sementara PBB diangka 0,83 persen.

Ian menjelaskan, hasil signifikan yang diperoleh PKB tersebut tak lain karena faktor ketokohan dengan munculnya 3 kandidat Calon Presiden (Capres) yang selama ini digadang-gadang oleh Partai berlambang bola dunia itu, yakni Mahfud MD, Rhoma Irama dan Jusuf Kalla.

"Dari ketiga Capres PKB, Mahfud cukup signifikan mendongkrak suara PKB. Karena dia dikenal dekat dengan tokoh-tokoh NU, sehingga bisa diangap representasi warga nadhiyin. Sementara, bagi diluar NU, rekam jejak Mahfud selama ini cukup dipercaya sebagai sosok pemimpin yang berintegritas," urainya.

Selain itu, lanjut Ian, Mahfud juga dianggap sosok yang mewakili Jawa yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia.

"Kalau JK karena tokoh luar Jawa dan lintas golongan, dan Rhoma Irama karena faktor popularitasnya sebagai artis yang cukup banyak penggemar," tukas Ian. (Moch Harun Syah)

Baca Juga:

PKB Cabut Uji Materi UU Pileg yang Digugat Calegnya

Ini Jadwal Kampanye Parpol se-Kabupaten Bogor

KPU Palembang Konvoi Bareng Peserta Pemilu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • PKB

Video Terkini