Sukses

Jokowi Tegaskan Tujuannya Nyapres Juga untuk Benahi Jakarta

Jokowi mengatakan salah satu alasannya menerima mandat capres dari PDIP karena ingin membenahi Jakarta dari kemacetan dan banjir.

Liputan6.com, Jakarta - Meski banyak yang megapresiasi pencapresannya, tak sedikit pula yang mengkritik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi. Menyadari hal tersebut, Jokowi mengatakan salah satu alasannya menerima mandat capres dari PDIP karena ingin membenahi Jakarta dari kemacetan dan banjir.

Jokowi berujar, masalah yang membelit Jakarta sebagai ibukota tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah pusat. Banyak pembenahan masalah itu pada praktiknya berada di tangan pemerintah pusat.

"Karena problem Jakarta ini bukan hanya problem DKI, ada tanggung jawab besar pula di pemerintah pusat," kata Jokowi di Jalan Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (16/3/2014).

Tak hanya teori atau ingin membela diri, Jokowi memaparkan salah satu kewenangan besar pemerintah pusat terkait penanganan sungai-sungai yang membelah Ibukota.

"Sungai besar itu ada 13 yang menyebabkan banjir, (kewenangannya) ada di pemerintah pusat. Itu satu contohnya," ujar Jokowi.

Menurutnya, dengan menduduki kursi RI-1 dirinya ingin menyelesaikan masalah yang ada, baik di Jakarta maupun tempat lainnya. "Ya itu (jadi presiden) kita harap mempercepat solusi semua problem yang ada," ucapnya.

Khusus untuk warga Jakarta, Jokowi menyadari banyak yang menginginkan dirinya tetap menjabat sebagai Gubernur DKI ketimbang menjadi presiden. Maka dari itu, ia mengaku cepat atau lambat akan menjelaskan tentang pencapresannya tersebut.

"Nanti satu per satu akan saya beritahukan, saya jelaskan ke kampung-kampung untuk itu," tandas Jokowi. (Yus Ariyanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini