Ini Isi Dokumen Perjanjian Batu Tulis Mega-Prabowo

  • Kursi Istana
  • 4
  • 15 Mar 2014 12:24

Prabowo dan Megawati

Liputan6.com, Jakarta- Dokumen Perjanjian Batu Tulis antara pucuk pimpinan PDIP Megawati Soekarnoputri dan Gerindra Prabowo Subianto beredar di jejaring sosial setelah Jokowi dideklrasikan sebagai capres. Poin ke tujuh pada dokumen yang beredar itu tertulis bahwa Megawati mendukung Prabowo pada Pemilu Presiden 2014.

Saat dikonfirmasi, politisi Gerindra Martin Hutabarat mengatakan perjanjian itu benar adanya. "Saya hadir saat membuat kesepakatan itu," tutur Martin saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Martin mengaku belum melihat dokumen yang beredar itu. Namun saat Liputan6.com membacakan satu persatu perjanjian dalam dokumen itu, Martin mengatakan isinya sama persis dengan kesepakatan yang dibuat PDIP dan Gerindra di Batu Tulis, termasuk poin ke-7.

"Sama, perjanjian Batu Tulis seperti itu. Memang dibuat sekitar tanggal 16 Mei, sudah Pemilu Legilslatif, hari Jumat malam atau Sabtu dinihari, karena Sabtunya terakhir pendaftaran calon presiden. Itu sekitar jam 9 atau jam 10 malam," papar Martin.

Berikut isi perjanjian Batu Tulis antara Megawati dan Prabowo yang beredar di jejaring sosial itu:

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra) sepakat mencalonkan MEgawati Soekarnoputri sebagai calon presiden dan Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2009.

2. Prabowo Subianto sebagai Wakil Presiden, jika terpilih mendapatk penugasan untuk mengendalikan program dan kebijakan kebangkitan ekonomi Indonesia yang berdiri di atas kaki sendiri, berdaulat di bidang politik danberkepribadian nasional di bidang kebudayaan dalam kerangka sistem presidensial. Pengumuman pencalonan calon presiden dan calon wakil presiden serta akan dituangkan dalam produk hukum yang sesuai perundang-undangan yang berlaku.

3. Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto bersama-sama membentuk kabinet berdasarkan pada penugasan butir 2 di atas. Prabowo Subianto menenutkan nama-nama menteri yang terkait, menteri-menteri tersebut adalah: Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian, Menteri Keuangan, Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perindustrian, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Hukum dan HAM, dan Menteri Pertahanan.

4. Pemerintah yang terbentuk akan mendukung program kerakyatan PDI Perjuangan dan 8 program aksi Partai Gerindra untuk kemakmuran rakyat.

5. Pendanaan pemenangan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 ditanggung secara bersama-sama dengan prosentase 50% dari pihak Megawati Soekarnoputri dan 50% dari pihak Prabowo Subianto.

6. Tim sukses pemenangan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dibentuk bersama-sama melibatkan kader PDI Perjuangan dan Partai Gerindra serta unsur-unsur masyarakat.

7. Megawati Soekarnoputri mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pada Pemilu Presiden tahun 2014.

Jakarta 16 Mei 2009

Megawati Soekarnoputri (Tandatangan di atas materai)
Prabowo Subianto

(Eko Huda Setyawan)

Baca juga:

Perjanjian `Batu Tulis`, Puan: Gerindra Sebaiknya Fokus Pileg

`Tantangan` Gerindra untuk Jokowi

Jika Perjanjian Batu Tulis Ada, Megawati Harus Jalankan Janjinya

Credit: Rizki Gunawan


Related Articles
Comments 4
Sign in to post a comment
  • bayuangin

    PERJANJIAN BATU TULIS = PERJANJIAN YANG TAK TERLAKSANAKAN Saya sangat tercengang membaca isi perjanjian yang disebut PERJANJIAN BATU TULIS di atas karena perjanjian itu tersusun dalam draft yang sangat lemah. Dalam setiap draft apa saja sudah tentu di dalamnya ada muatan jiwa dan muatan bahasa. Dalam perjanjian yang dimaksud di atas kedua muatan itu ternyata tidak saling menyentuh sehingga membuat bias dan membingungkan bagi yang melakukan perjanjian. Dari kajian muatan jiwa dalam perjanjiaan itu sesungguhnya kedua belah pihak telah mensepakati "rencana" secara arif dan bijaksana. Dimana keduanya sepakat untuk menjadikan Ibu Megawati sebagai presiden dan Bapak Prabowo sebagai wakil presiden. Arif dan bijaksana terletak pada item ke tujuh yaitu adanya semangat untuk saling berbagi dimana pada periode berikutnya jangan Ibu Megawati yang menjadi presiden lagi, melainkan Bapak Prabowolah yang gantian diangkat oleh kedua pihak sebagai presiden. Itulah jiwa yang mendasar dari draft itu. Kajian bahasa : pada kenyataan yang berjalan isi dari perjanjian itu tak pernah terlaksana. Ibu Megawati tidak menjadi presiden, Bapak Prabowo juga tidak menjadi wakil presiden, rencana pemilihan menteri tidak terlaksana, program kerakyatan dan kemakmuran yang disepakati juga tidak terlaksana. Disinilah letak kesalahan perjanjian itu. Mengapa kedua pihak tidak mencantumkan sepenggal kalimat : apabila perjanjian ini tidak berhasil mencapai apa yang dimaksudkan maka.....(keduanya harus mencantumkan klausul baru untuk menjawab situasi ini). Sangat disayangkan kedua pihak tidak melakukan hal itu sehingga memicu situasi seperti sekarang ini yaitu : Bapak Prabowo merasa pernah diberi janji akan diberi bagian sesuatu oleh Ibu Megawati akan tetapi Ibu Megawati merasa tidak mendapat sesuatu apapun yang bisa dibagi. Sekarang ini sebaiknya keduanya bisa duduk bersama untuk saling merenungi kealpaan dalam penyusunan draft perjanjian pada waktu itu. Namun demikian sebagai negarawan besar ada hal yang lebih utama untuk dipikirkan dibanding dengan obsesi diri. Tak lain dan tak bukan kepentingan rakyatlah yang harus diutamakan. Membangun bangsa tidaklah harus berposisi di atas sebagaimana yang telah dilakukan oleh Ki Semar Bodronoyo. Ia membangun dan mengayomi pandawa dari tempat paling bawah dengan tulus dan ikhlas. Sehingga ketulusan dan keikhlasan hati Ki Semar Bodronoyo justru semakin mudah untuk kita serap dan kita rasakan serta selanjutnya kita amalkan. Hidup Indonesia. Kita siap berjuang dan berkorban untukmu Indonesia.

  • yenii

    Untuk yg suka nonton berita di TV Streaming, nonton di: http://live.indostreaming.tv (Sctv, Rcti,dll) - Untuk yang suka bola tapi Sctv atau Tv nasional tdk siaran langsung bola piala Champion / Eropa, nonton di: http://live.indostreaming.tv/index.php/welcome/channelbolalengkap (copy & paste linknya) - Bagi yg suka ikut car free day di Jakarta, bisa kunjungi stand Indostreaming TV & Carfreeday.com kita di acara car free day didepan Menara ICBC di Jl. MH Thamrin no. 81, Jakarta jam 6.30-10.00 WIB

  • paijo

    perjanjian itu berlaku kalau waktu itu pasangan mega prabowo menang..dan ternyata kalah..maka perjanjian itu dianggap batal .tidak sesuai dgn perjanjian

Terpopuler