Sukses

Faktor Jokowi Penting untuk Menangkan PDIP

PDIP mendeklarasikan Jokowi sebagai capres pada Jumat kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Faktor figur tokoh diprediksi masih tetap memiliki peran sentral pada Pemilu 2014. Faktor tersebut telah mampu mendongkrak elektabilitas partai selama 2 pelaksanaan pemilu terakhir, 2004 dan 2009.

"Seperti Partai Demokrat pada 2004 dan 2009, kita tak bisa membantah itu faktor kuatnya adalah SBY," kata Direktur Pol-Tracking Institute Hanta Yuda di Jakarta, Sabtu (15/3/2014).

Untuk 2014 ini, tambah Hanta, ada Jokowi effect. Apalagi setelah PDIP mendeklarasikan pria bernama Joko Widodo itu sebagai calon presiden, diprediksi elektabilitas partai berlambang banteng moncong putih ini akan meningkat.

"Dan sekarang ada Jokowi, jadi faktor kuat PDIP," ujar dia. PDIP mendeklarasikan Jokowi sebagai capres pada Jumat kemarin.

Dia menambahkan, untuk memperoleh pemilu yang sehat, harus ada perombakan pada kelembagaan partai. Figur-figur yang punya pengaruh kuat harus digeser ke dalam kelembagaan partai.

"Sekarang kan (figur yang kuat). Misalnya PDIP dengan Jokowi efeknya, Gerindra terkatrol oleh Prabowo, Demokrat dulu karena faktor SBY, Hanura juga karena Wiranto," ujar Hanta.

Baca juga:

Blusukan Pertama Jokowi Setelah Deklarasi Capres

Pengamat: Prabowo Saingan Berat Jokowi

JK Bicara Cawapres Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.