Sukses

Jika Pilpres Hari Ini, Duet Prabowo-Hatta Menang

Namun kemenangan itu akan terjadi jika Jokowi batal menjadi capres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Indo Barometer memprediksi skenario pasangan capres-cawapres 2014 bila pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan hari ini tanpa pencapresan Jokowi. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa akan menang.

"Simulasi 4 nama pasangan capres dan cawapres dimana capres PDIP adalah Megawati, maka Prabowo-Hatta unggul dibandingkan Megawati-Jokowi, ARB-Muhaimin, dan Wiranto-Hary Tanoe. Dukungan terhadap Prabowo-Hatta pun makin besar jika Mega berpasangan dengan Jusuf Kalla," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, di kantornya, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Namun jika capres PDIP adalah Jokowi, kata Qodari, maka pasangan Prabowo-Hatta terkalahkan. Bahkan, tak peduli siapa pasangan Jokowi dalam pilpres nanti, ia tetap berpeluang menang.

"Simulasi 4 nama capres dan cawapres di mana capres PDIP adalah Jokowi, maka akan unggul dibandingkan Prabowo-Hatta, Aburizal Bakrie-Muhaimin, dan Wiranto-Hary Tanoe."

"Dukungan terhadap Jokowi sedikit menurun bila dipasangkan dengan Prananda," sambung Qodari.

Meski demikian, lanjut Qodari, dukungan kepada Jokowi akan makin meningkat bila ia berpasangan dengan Jusuf Kalla dan Hatta Rajasa. Namun, dukungan kepada Jokowi akan menurun bila berpasangan dengan Puan Maharani.

Dalam survei kali ini, Indo Barometer bekerjasama dengan Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI). Survei ini dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia yang melibatkan 1200 responden dengan tingkat kesalahan 3%. Survei ini yang dilakukan selama 14-25 Februari 2014 ini dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung dan menggunakan kuesioner. (Ismoko Widjaya)

Baca juga:

Survei: Jika Mega Capres PDIP, Prabowo Pemenangnya

Survei: Jokowi, Kepala Daerah yang Berpotensi Jadi Capres

Survei: Mega Paling Terkenal, Jokowi Juara 10 Indeks Kepemimpinan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini