Sukses

Survei: Hary Tanoe `Ditekuk` Priyo Budi

Dalam survei, nama Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memiliki tingkat elektabilitas yang terus menanjak.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah tokoh muda dinilai layak untuk menjadi pemimpin nasional pada Pemilu 2014 mendatang. Hal itu seperti terlihat dalam rilis survei Political Communication Institute (Polcomm Institute) dengan tema 'Capres Muda dan Pemimpin Daerah: Pilihan Anak Muda'.

Dalam survei, nama Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso memiliki tingkat elektabilitas yang terus menanjak di samping nama-nama tokoh muda lain, seperti nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau 2 peserta konvensi Partai Demokrat, yakni Anies Baswedan dan Gita Wirjawan.

Jika Jokowi dalam survei ini cenderung stagnan berada paling atas, sementara Priyo memiliki kenaikan yang cukup signifikan. Responden menyatakan bahwa tokoh muda yang layak untuk diajukan menjadi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden adalah Jokowi 24,2 persen, Priyo 18,2 persen.

"Priyo dinilai dekat dengan komunitas pemuda, pengalaman di organisasi dan di bidang politik," kata Direktur Polcomm Institute, Heri Budianto dalam jumpa pers di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (9/3/2014).

Selain 2 nama itu, ada nama Hary Tanoesudibjo dengan 8,2 persen dan Ali Masykur Musa 5,2 persen yang layak jadi Capres dan Cawapres.

Lebih jauh peluang Priyo juga terbuka lebar jadi pemimpin nasional. Priyo, kata Heri, dinilai paling cocok menjadi Cawapres oleh responden. Alasannya, Ketua DPP Partai Golkar itu dinilai berpengalaman di organisasi dan politik, sehingga akan memudahkannya menjalankan tugas pemerintahan.

"Yang menarik adalah Jokowi dikatakan responden tidak cocok menjadi calon wakil presiden. Dia lebih cocok menjadi calon presiden karena dia sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat," ujarnya.

Dalam survei ini, elektabilitas Jokowi sebagai Capres adalah 22,9 persen, disusul Priyo 16,3 persen, Ali Masykur 10,3 persen, Gita Wirjawan 10,1 persen, Anies Baswedan 8,3 persen, dan Anis Matta 3,20 persen.

Sementara untuk Cawapres, elektabilitas nama Priyo berada paling atas dengan 18,9 persen, Ali Masykur 12,1 persen, Hary Tanoesoedibjo 11,6 persen, Gita Wirjawan 9,3 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Jokowi 8,6 persen, dan Anis Matta 2,1 persen.

Adapun metode survei ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 1.200 orang pemilih muda dengan rentang usia 17-29 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung di 33 Ibukota Provinsi di Indonesia.

Margin of eror dalam survei ini sebesar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar: 96 persen. Survei ini sendiri dilakukan pada 24 Februari sampai 4 Maret 2014. (Ismoko Widjaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini