Sukses

Ribuan Kotak Suara Berselimut Abu Kelud Dibersihkan

Ribuan kotak suara yang sempat disimpan di luar ruangan KPU Sleman, Yogyakarta, diselimuti debu vulkanik.

Liputan6.com, Yogyakarta Ribuan kotak suara yang sempat disimpan di luar ruangan KPU Sleman, Yogyakarta, diselimuti debu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Agar tidak rusak dan bisa digunakan kembali, proses pembersihanpun dilakukan. Pembersihan dilakukan oleh KPU dengan melibatkan warga setempat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (4/3/2014), setelah debu dibersihkan, kotak suarapun disemprot dengan air dan kemudian dikeringkan.

Petugas juga melakukan pensortiran ulang, pencopotan stiker yang masih menempel, dan perangkaian bagian-bagian kotak suara. Sementara itu, ratusan warga Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, mendapat berkah.

Jelang Pemilu Legislatif April mendatang, mereka dilibatkan oleh KPU untuk melipat surat suara. Mereka juga mendapat bayaran yaitu Rp 100 untuk setiap lembar surat suara.

Warga yang mensortir dan melipat surat suara, mayoritas telah berpengalaman pada kegiatan serupa pada pemilu sebelumnya. Sehingga kegiatan melipat surat suara itu dapat dipastikan akan berlangsung cepat. KPU menargetkan 24 Maret mendatang, 3.000.000 lebih surat suara selesai dilipat.

Untuk bisa menjadi relawan pelipat suara suara, mereka harus menyerahkan foto kopi KTP terbaru dan membawa peralatan sendiri. (Ismoko Widjaya)

 

Baca Juga:

Teror Jelang Pemilu, Kapolri: Ada 5 di Aceh, Beberapa Terungkap 

[VIDEO] Terdampak Letusan Kelud, Logistik Pemilu Belum Bisa Dikirim

Lepas Jabatan Wakapolri, Oegroseno: Saya Ingin Jadi `Presiden Satpam`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini