Sukses

Eriko PDIP: Belum Ada Pembicaraan Pencapresan Jokowi

Di internal PDIP ternyata belum ada pembicaraan untuk menjadikan Jokowi sebagai capres. Semuanya diserahkan pada penilaian Megawati.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan bagi Gubernur DKI Joko Widodo untuk maju sebagai capres PDIP pada Pilpres 2014 terus meningkat. Namun, di internal PDIP ternyata belum ada pembicaraan untuk menjadikan sosok yang akrab disapa Jokowi itu sebagai capres.

"Sampai saat ini dalam rapat DPP, baik pembicaraan informal maupun formal, belum ada pembicaraan soal pencapresan, begitu juga dari Ketua Umum PDIP, sama sekali belum ada," kata Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (3/3/2014).

Soal capres PDIP, Eriko menegaskan kewenangan dan mandat melalui kongres di Bali dan rakernas di Bandung diberikan sepenuhnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Oleh karena itu, tokoh dan waktu deklarasi capres pun diserahkan pada Megawati.

"Memang beberapa kali disampaikan Beliau bahwa ada kemungkinan bisa saja diumumkan sebelum Pileg, tapi juga bisa saja setelah Pileg. Jadi semua proses ini memang menuju kristalisasi pematangan," jelasnya.

Dia menuturkan, Megawati selama ini dikenal handal dan sudah teruji dalam melihat momentum. Sehingga partai akan mempercayakan sepenuhnya kepada Megawati untuk memilih momen yang tepat untuk mengumumkan capres PDIP.

"Seperti Pilkada DKI dengan menunjuk Pak Jokowi menjadi Gubernur DKI. Jadi, kita tunggu dan mempercayakan sepenuhnya kepada Ibu Megawati Soekarnoputri," pungkas Eriko. (Shinta Sinaga)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini