Sukses

Klenak-klenik Calon Wakil Rakyat

Di suatu kawasan Pulau Jawa, ada aktivitas yang jauh dari kesan rasional alias klenak-klenik calon wakil rakyat.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2014 menjadi momentum penting bagi Indonesia. Pesta demokrasi politik besar-besaraan tinggal menunggu waktu. 15 Partai politik siap menghangatkan suhu panggung pesta demokrasi 5 tahunan ini.

Berbagai cara menarik masa pun dilakukan, mulai dari sosialisasi langsung hingga membentuk tim sukses. Beradu visi misi merebut suara rakyat. Namun di suatu kawasan Pulau Jawa, ada aktivitas yang jauh dari kesan rasional alias klenak-klenik calon wakil rakyat.

Misalnya saja mendatangi kuburan kramat, mencuci keris, mengelilingi daerah pilih di malam hari, dan memotong ayam cemani hitam. Semua ritual ini dimaksudkan agar warga jadi suka dengan caleg tersebut sehingga bisa memenangkan kursi legislatif DPR

Seperti ditayangkan Liputan SIGI SCTV, Minggu (2/3/2014) dini hari, TIM SIGI diajak seorang teman yang paham betul wilayahnya ke salah satu tempat yang disebut-sebut jadi favorit para caleg. Ternyata lokasi itu adalah sebuah makam yang di keramatkan bagi masyarakat setempat. Si juru kunci makam kami interogasi.

Obrolan berlanjut. Si juru kunci menyebut ada lokasi lain yang juga kerap disambangi orang-orang yang punya maksud tertentu. Berderap kami menuju lokasi yang dimaksud. Dan, lagi-lagi ternyata makam keramat jadi perburuan para calon wakil rakyat.

Cerita ini semakin mengerucut. Tindakan irasional alias percaya dengan hal-hal mistis masih disukai caleg untuk memenangkan kursi DPR. Informasi terus didalami. Salah satu pemuka agama yang juga bekerja di lingkungan departemen bertutur.

Video selengkapnya, lihat video di link ini. 

Baca juga:

Caleg `Superman` Hebohkan Warga Bali
VIDEO: Heboh! Bakal Caleg Berdandan Seperti Pocong & Bertopeng
Caleg di Gorontalo Kampanye Unik Lewat Komik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.